Wednesday, July 12, 2017

Yakuza, Mafia...Ini 7 Geng Kriminal Paling Menakutkan di Dunia

seorang Kriminolog, Jay S. Albanese, dalam jurnalnya yang berjudul 'The Causes of Organized Crime' dan dipublikasikan dalam Journal of Contemporary Criminal Justice, menjelaskan bahwa kelompok kejahatan terorganisir (meliputi aktivitas geng dan sindikat kriminal) merupakan sebuah grup rasional yang melakukan serangkaian tindakan kriminal secara berlanjut untuk meraup keuntungan dari berbagai aktivitas ilegal.

Dalam jurnalnya, Albanese menambahkan bahwa, eksistensi keberlanjutan kelompok kejahatan terorganisir dipertahankan lewat sejumlah tindakan, seperti --namun tak terbatas pada-- kesewenang-wenangan terhadap hukum, berbagai bentuk perilaku mengancam, aktivitas monopolistik, serta menyuap anggota lembaga pemerintahan dan sistem peradilan pidana.

Albanese juga menjelaskan, kelompok kejahatan terorganisir memiliki tujuan yang luas nan variatif, mulai dari meraih kekuasaan atas suatu wilayah tertentu hingga monopoli produksi dan distribusi benda ilegal intrinsik, seperti narkotika.

Spektrum aktivitas kriminal yang luas nan mencakup berbagai tindakan ilegal itulah yang membuat sejumlah geng dan sindikat kriminal di berbagai belahan dunia --seperti kartel narkotika di Amerika Selatan atau jaringan peredaran narkoba di Indonesia salah satunya-- menjadi momok menakutkan.

Karena, tak hanya aktivitas mereka yang jelas-jelas melanggar hukum, kelompok kejahatan terorganisir juga melakukan sejumlah tindakan kriminal sampingan lain yang ditujukan untuk melanggengkan tujuan mereka.

No comments:

Post a Comment

Subscribe

Flickr